Maksimalkan PC Kentang Kamu tanpa membahayakan CPUmu

Maksimalkan PC Kentang Kamu tanpa membahayakan CPUmu adalah judul artikel kali ini, dimana saya ingin membagikan settingan yang saya rasa cukup efektif untuk main Point Blank tanpa suhu yang cenderung terlalu tinggi pada PC kentang.

Sebelumnya saya akan jelaskan spesifikasi Komputer milik saya. Saya menggunakan prosesor AMD A6-7480 dimana prosesor ini hanya memiliki dua buah cores. Jadi dua cores ini bekerja sangat aktif. Cores yang aktif pastinya akan sangat panas karena kita akan memerlukan cores ini bekerja semaksimal mungkin.

Cara maksimalkan pc kentang tanpa membahayakan CPU :

MENYETTING KIPAS CPU

Kipas CPU pada setingan standar apalagi untuk seri AMD hanya akan mencapai kecepatan 2000 RPM, sedangkan untuk cukup kuat mendinginkan kita membutuhkan kecepatan kipas minimal 3000 RPM.

Ubah kecepatan CPU fan kamu dengan mensettingnya di bios saat startup dan ubah menjadi PERFORMANCE. Setelah itu kecepatan CPU akan naik menjadi sekitar 3000 RPM lebih. Kalau kamu mau beli saja kipas CPU versi lainnya yaitu Alseye seharga 100 ribuan, maka fan kamu kecepatannya sekitar 5000 RPM.

MENGEDIT POWER PLANT

Segera buka control panel kamu, cari power plan, tekan edit power plant, kemudian Change advanced settings.

KEmudian setting seperti di bawah ini.

dengan settingan ini prosesor akan bekerja dengan minimal kemampuan CPU di 65% saat idle dan hanya bekerja sampai 90% pada saat maksimal. Jangan paksakan di atas 90% karena resikonya akan segera menaikkan suhu pada CPU.

Sekian dulu tips untuk PC kentangmu. Semoga bermanfaat.

Be the first to like and comment this post.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.