TIPS BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA PLATFORM DIGITAL

Di artikel kali ini saya mau obrolin tips tentang berbicara di depan umum pada flatporm digital. Berbicara di depan umum ini artiannya banyak sekali, berbicara di depan kelas, presentasi produk, khotbah, ngobrol bareng teman teman, atau menyampaikan pendapat pada saat rapat itu juga termasuk berbicara di depan umum.

Tapi di artikel ini saya bakal lebih khususkan membahas tentang berbicara didepan umum, dalam hal jadi YouTubers atau jadi Podcaster. Dimana hal ini juga termasuk berbicara di depan umum.

Saya sendiri bukanlah pembicara yang baik, bukan juga youtuber yang baik ataupun Podcaster yang baik. Namun, di platform inilah saya belajar untuk lebih berani menampilkan diri saya yang sedang belajar untuk berbicara di depan umum. Contohnya YouTube saya, walaupun isinya kadang tidak jelas. Alhamdulillah di bulan ini sudah mencapai sekitar 100 subscriber. Terimakasih untuk teman2 sekalian.

Lanjut ke inti video. Tips yang pertama adalah.

Jangan jadi terlalu sempurna. Di era digital, dimana era internet sudah sangat berkembang. Kita tidak perlu lagi menjadi manusia yang terlalu sempurna di internet, jadilah diri sendiri, jadilah dirimu, dirimu yang nyaman saat ngobrol di depan kamera. Karena pada zaman sekarang kalau kamu terlalu sibuk menampilkan dirimu sempurna, kamu nggak bakal bisa bikin konten. Kamu bakal terus sibuk memikirkan apa yang orang lain pikirkan, apa yang bakal direspon oleh orang lain, maka jadilah diri sendiri namun hati-hatilah dalam berkata-kata karena di zaman internet ini, beberapa orang jadi lebih mudah tersinggung.

Tips yang kedua justru adalah tentang kontennya sendiri. Agar kamu lancar berbicara di depan umum, buatlah konten yang memang kamu suka untuk bahas, kamu suka untuk omongin. Karena nantinya ini akan mempermudah untuk proses yang selanjutnya.

Tips yang ketiga adalah selalu gunakan Gear atau aksesoris yang tidak merepotkan dirimu. Kalau kamu merasa gear kamera DSLR terlalu merepotkan untuk kamu membuat konten dan berbicara di depan umum gunakanlah handphone. Kalau kamu merasa pakaian yang kamu gunakan kurang enak atau kurang nyaman gunakanlah yang menurut kamu nyaman.

Demikian tipsnya dari channel ini. Oh ya teman-teman kebanyakan Buka YouTube suka komentar atau nggak sih? jangan lupa kalau bermanfaat subscribe ya channel ini terima kasih.

Be the first to like and comment this post.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.