AKHIRNYA INVESTASI SAHAM

Kamu pengen investasi saham ? Belum ngerti gimana cara investasi saham ? Atau bener bener ga tau tentang saham ? Baca aja dulu cerita gue di bawah.

Sedikit cerita, gue itu jomblo. Jomblo itu punya kelebihan, ia tidak harus bertanggung jawab kepada anak ataupun istri. Sehingga jomblo bisa punya uang lebih untuk berinvestasi.

Dulu gue pernah kerja di bank, sebut saja bank BRI. Gaji gue umr namun bonus gue cukup mantep dikarenakan penjualan gue yang di atas rata – rata. Namun pada saat itu, untuk beli handphone aja. Gue harus beli dengan cara kredit.

Karena setiap bulannya gue bayar angsuran motor, bayar kost, bayar makan dan akhirnya nambah, yaitu bayar angsuran handphone.

Dikarenakan situasi hidup yang gue rasa tidak sehat ini, akhirnya gue mulai berfikir untuk yang namanya investasi. Gue menyisihkan 40 persen dari pendapatan gue untuk investasi. Waktu itu investasi yang ada di kepala gue hanyalah emas. Akhirnya gue tiap dua bulan mencoba membeli emas. Cuman waktu itu masih random banget, gue sering beli emas antam dicampur dengan emas perhiasan.

Waktu berlalu, gue kerja setahun akhirnya terkumpul sekitar 10 gram emas.

Namun, di tahun 2014 gue memutuskan untuk resign.

Emas yang gue kumpulin perlahan berkurang, baik itu dijual ataupun digadaikan untuk membiayai kehidupan gue sendiri. Sampai akhirnya hanya tersisa 3 gram saja.

Dengan sisa uang tabungan dan emas 3 gram ini, akhirnya gue beli kamera dan komputer. Gue merubah investasi gue kedalam bentuk kamera dan komputer.

Emas gue habis. Selama itu juga gue hidup luntang lantung sambil belajar fotografi dan bekerja serabutan. Gue jadi operator warnet, jadi tukang jaga lumpia panas. Namun semua tidak berlangsung lama. Akhirnya gue dapat kerjaan untuk menjadi wartawan di sebuah majalah. Kemampuan menulis dan fotografi gue akhirnya berguna.

Menjadi fotografer akhirnya membuat gue mulai bisa mengumpulkan kembali keuangan gue. Walaupun masih tetap sama, masih dibawah UMR dan hanya bisa menghidupi diri gue sendiri. Belum bisa untuk menghidupi orang lain. Jadi, gue masih terus jomblo.

Emas adalah bentuk investasi yang sangat liquid. Akhirnya gue kembali membeli emas, gue sisihkan uang job gue untuk membeli emas setengah gram kalau lagi ada lebihan dana. Akhirnya dengan emas inilah gue bisa membeli dan mencicil peralatan fotografi. Walaupun belum seperti fotografer besar lainnya. Gue udah investasi sebesar 20 juta di fotografi gue. Berupa kamera fullframe D610, kamera DSLR d7000, lensa kit, lensa fix 50mm 1.8mm , lightstand besar 2pcs, softbox, lampu 150w 1 pcs, dan lightsand kecil 2pcs.

Emas ini dipakai dengan cara digadaikan untuk menambah uang yang gue punya saat ingin membeli peralatan, kemudian emas itu gue cicil setelah gue beli peralatan yang gue mau.

Pola ini gue ulang kembali, untuk mengupgrade PC yang gue juga anggap PC adalah investasi. Gue gadai emas gue untuk nambah nambahin rakitan PC gue. Sekarang PC gue berharga sekitar 12 juta rupiah.

Rekening gue? Masih dibawah umr! Namun hal itu tidak akan menghalangi gue untuk berinvestasi. Emas adalah investasi yang liquid dan bagus. Cuman kenaikan harganya cukup lambat. Emas menjaga kekayaan, emas menjaga uangmu dari inflasi. Emas adalah sarana investasi yang baik. Namun selain di emas, kamu juga harus tau ada yang namanya investasi saham.

Akhirnya gue menemukan investasi lainnya, yang bernama saham. Sejak dulu gue udah pengen banget bisa masuk ke dalam yang namanya investasi saham. Namun belum pernah ada yang dengan jelas membeberkan bagaimana caranya masuk ke investasi saham. Di suatu malam, di discord, teman gue memulai obrolan tentang saham. Teman gue bercerita tentang seandainya dia di tahun 2005 udah beli saham bank BCA (BBCA) kemungkinan di 2023 uangnya udah berubah jadi milyaran. Karena waktu di 2005 dia beli mobil, bukannya beli saham bank BCA (BBCA).

Akhirnya gue makin tertarik untuk investasi di saham, gue daftar ke Sekuritas dan langsung gue isi dana untuk beli saham.

Kapan pasar saham / pasar modal buka ?

Saham punya beberapa hal yang perlu kamu ketahui, Pasar saham atau pasar modal hanya buka setiap hari Senin hingga Jumat. Perdagangan dilakukan setiap Senin hingga Jumat, dengan Sesi 1 perdagangan saham dibuka pukul 10.00 – 13.00 WITA pada hari senin sampai kamis, sedangkan dibuka pukul 10.00 – 12.30 WITA pada hari jumat. Kemudian untuk Sesi 2 dibuka pada pukul 14.30 – 16.49 WITA pada senin sampai kamis dan dibuka pukul 15.00 – 16.49 WITA pada hari jumat.

Berapa minimal saham yang bisa dibeli ?

Untuk membeli saham, saat gue coba ternyata minimal gue harus membeli 1 lot. Dimana 1 lot ini adalah 100 lembar saham. Sedangkan harga saham untuk tiap perusahaan berbeda – beda, ada yang cuma 70 rupiah bahkan ada yang sampai 30ribu per lembar sahamnnya. Kalau 70 rupiah artinya minimal kamu harus isi dana sekitar 7000 rupiah untuk beli 1 lot.

Saham apa yang bagus untuk dibeli?

Gue belum bisa jawab. Karena gue sendiri baru aja masuk ke investasi saham ini. Namun gue udah melakukan analisis sederhana secara fundamental dengan melihat NET profit, Total Equity, Total Borrowing, Total Asset, BPVS, PBV, ROA kemudian History dividen.

Akhirnya gue memutuskan untuk mengincar untuk membeli 6 emiten andalan gue sebisa mungkin di tahun ini. Untuk kemudian 6 emiten ini yang bakal gue liat perkembangannya selama 5 tahun kedepan.

Artikel ini juga sebagai penanda untuk gue sudah berapa lama gue Investasi saham. Hari ini adalah tanggal 4 Oktober 2023.

-RYUDHIS-

Be the first to like and comment this post.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.