Mengejar Sixpack part 2

Sudah lama sekali sejak saya menulis artikel yang berisikan  pengalaman saya ngeGYM pertama kali.

Saat itu saya hanya berhasil bertahan di Gym sekitar 2 bulan. Berhasil turun berat badan sekitar 5kg. Fotonya bisa anda liat di Instagram saya @rizkyyudhis

Turun 5kg blum ada hal signifikan yang terjadi, karena kadar lemak saya masih tinggi yaitu sekitar 17%.

Saat artikel ini ditulis di 24 juli 2016, berat badan saya adalah 60kg dengan kadar lemak 15.6%. Tanpa minum obat – obatan, tanpa suplemen, tanpa diet ketat, tanpa ke GYM.

Mengapa bisa? Apa rahasianya?Bagaimana caranya?

Bisa karena rutin. Rahasianya? Tak ada rahasia. Bagaimana? Lanjut baca artikel ini sampai habis.

Setelah ngeGYM saya banyak tercerahkan. Ada beberapa fakta penting yang saya dapatkan. 

1. Olahraga gak harus tiap hari. Jadi kalau anda ngeGYM bayar sebulan, sebenarnya efektifnya hanyalah 15 hari.

Mengapa? Karena tubuh setelah angkat beban atau olahraga berat. Butuh waktu untuk membakar. Biasanya diperlukan waktu sekitar 24 jam. Jadi kalau anda fitnes senin, selasa break, rabu kembali fitnes, kamis break dan seterusnya. Fitnes tiap hari bakal bikin tubuh down karena gak punya waktu membakar yang cukup. (IMHO) ini menurut saya bukan hasil riset, boleh percaya boleh tidak.

2. Kuncinya ada pada kalori dan aktivitas. 

Saya punya teman yang rajin fitness. Dia berlatih setiap hari. Namun dibandingkan saya, berat badan dia turun nyaris hanya sekitar 2kg dan badannya terlihat malah membesar. Saya bertanya-tanya dalam hati mengapa? Ternyata ya seperti yang saya tulis di atas. Badannya bingung karena tidak diberi waktu untuk membakar. Yang kedua, setelah latihan dia memakan putih telur yang konon kata dia untuk menjaga protein. Okelah tak apa, namun setelah saya tanya ke beberapa temannya. Ternyata sebelum dia fitness. Makannya masih seperti biasa, sarapan, makan siang, fitness, putih telur. Bayangkan berapa kalori yang masuk?

Rumus turun berat badan itu :

Kalori keluar > Kalori masuk

Kalau memang itu rumusnya, diet ketat bakal berhasil dong? Ya tentu saja. 

Itulah mengapa program detox ataupun yang minum2 air seharga 4 jutaan itu berhasil. Karena kalori masuk diganti dengan produk mereka. Cuman ya imbasnya adalah ke dompet anda. Kalau mau yang lebih hemat, makan tetap enak. Ya lanjut baca, hehe.

Tapi apakah anda mau diet ketat? Kalau iya, gak usah lanjutin baca ini artikel. Karena saya gak diet ketat. Saya masih makan yang enak – enak, berat badan saya turun, kadar lemak turun, ukuran celana mengecil. 

Bagaimana cara saya?

Saya menghitung kalori.

Pertama, saya cari tau dulu berapa kalori normal untuk tinggi seperti saya dan umur saya. Kalau di internet coba search kalkulator kalori atau Body Mass Index, saya agak lupa. Saya test dan dapat hasil 1500 kalori untuk diri saya. Biar turun berat badan, artinya saya harus makan maksimal 1300 kalori. Biar berat turun. Masuk akal kan? Karena aktivitas saya membutuhkan paling tidak 1500 kalori sehari. Kalau saya makan cuma 1300 aktivitas saya 1500 maka 200 kalorinya akan berubah jadi otot atau lemak yang terbakar. 

Sedangkan kalau saya makan lebih dari 1500, misal 1800. 300nya akan berubah menjadi lemak dan gula darah. Tambah buncit deh haha…

Trus, gimana ngitung kalori?

Simpel. Saya membagi makanan di Indonesia dengan kategori yang tidak ribet.

Nasi = 300 kalori

Ikan = 100 kalori

Telur = 100 kalori

Ayam 1 porsi = 300 kalori

Teh = 100 kalori

Air putih = 0 kalori

Mie = 400 kalori

Sayur mayur = 50 kalori

Snack = 300 kalori

Cola = 300 kalori

Roti = 300 kalori

Yang manis-manis biasanya berkalori besar. Di snack atau makanan berlabel biasanya ada kok jumlah kalori per takaran saji, cek aja. Biar gak kaget. Hahaha…

Nah, misal anda bertanya-tanya kenapa anda membuncit. Coba baca cerita ini.

Andi sarapan pagi nasi + indomie, kemudian di kantor Andi makan siang bareng teman2. Nasi campur ayam + es teh. Pulang kantor Andi nyemil snack chitos 1 bungkus, minum cola 1 kaleng. Malamnya Andi makan nasi goreng + es teh sama pacar. Berapa kalori masuk? Berapa kalori keluar?

Nasi + indomie = 300+400 = 700 , nasi campur ayam = 600, snack + cola = 600, nasi goreng es teh = 400. Total kalori masuk = 700+600+600+400 = 2300kalori.

Sedangkan aktivitas Andi = kerja ringan ngetik2, naik turun tangga = 700 kalori 

Rumus turun berat badan = kalori keluar > kalori masuk

Apakah 700 lebih besar dari 2300? Tentu tidak. 2300 – 700 = 1600 kalori ini akan menjadi lemak di daging dan darah. Itu yang bikin orang gemuk, buncit rentan jantungan dan penyakit lainnya. Lemak di daging dan darah.

Gimana dong biar kalori banyak tebakar? Olahraga yang efektif (angkat beban, bukan jogging, kenapa? Cek artikel sebelumnya) dan banyak beraktivitas.

Bagaimana saya turun berat badan, tetap makan enak dan kadar lemak turun?

Saya beli dumbbell seberat 4kg 2 pcs. Saya olahraga dengan dumbbell itu satu hari sekali, esoknya break dan seterusnya. (Training sheet saya akan saya jelaskan bila ditanya saja).

Setiap harinya saya tetap makan seperti biasa, kadang sarapan kadang tidak, porsi dikecilin, berhenti sebelum kenyang, kurangi makan mie dan yang manis-manis, yang pasti saya menjaga agar kalori masuk tidak di atas 1500. Walau kadang keteteran tapi gak masalah. Selama rajin tetap menjaga dan berolahraga.

Apakah cara ini work? Trust me it work.

Apakah cara ini cepat? Tidak. Saya sendiri mengalami penurunan berat badan sangat lambat karena beban yang saya gunakan hanya 4kg kiri kanan yang artinya hanya 8kg. 

Go to GYM dan angkat yang berat akan membakar kalori anda lebih cepat.

Oke sekian dulu deh, keep healthy.

Rizky Yudhis

@ryudhis

2 thoughts on “Mengejar Sixpack part 2

Be the first to like and comment this post.

