Aku dan Balikpapan

Beberapa Hari yang Lalu, saya mengunjungi kota Balikpapan.

Ini bukan kunjungan pertama saya, saya sudah ratusan kali ke kota Balikpapan. Namun, kali ini berbeda. Saya ke Balikpapan dengan tujuan yang berbeda.

Tujuan saya adalah “jadi turis lokal”

Dari kecil saya sering ke Balikpapan, tempat yang saya kunjungi hanya itu2 saja. Monoton.

Yaitu Balikpapan Plaza, Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Penangkaran Buaya.

Sekarang Balikpapan sudah jauh berkembang. Bandara Sepinggan sekarang semakin megah. Banyak hotel – hotel besar dan tentu saja, banyak Mall.

Langsung saja, hari pertama.
Saya makan di Jajanan pinggir Jalan di daerah BP. Saya tidak tau apa itu BP. Tapi orang Balikpapan menyebutnya begitu. Saya menyebutnya terminal angkot Damai. Karena itu yang tertulis di aplikasi Waze saya.

Oh iya, saya menggunakan aplikasi Waze dan Google Map untuk membantu liburan ini. Silahkan cek sendiri bagaimana aplikasinya di google play.

Di tempat ini, aneka makanan enak dan murah berada. Silahkan dicoba menurut kesukaan lidahnya masing – masing. Saya membeli ayam bakar disana. Delicious.

Setelah makan di daerah itu, hari sudah beranjak malam. Saya memutuskan untuk ke Kemala Beach atau pantai Kemala. Sebuah tempat di pinggir pantai yang dicoba untuk diberi suasana Bali. Namun tanpa rape party dan surfing. Hahaha…
Saya belum pernah ke Bali. Doakan saja saya ada langkah ke sana.

Untuk menuju kesana, dari BP ini bisa langsung menyetop angkutan umum. Karena saya memang berencana jadi turis lokal, saya juga memutuskan untuk menggunakan angkutan umum.
“Pantai kemala” sesimpel itu saya meminta supir angkot untuk mengantarkan saya. Angkot ini berwarna biru tua.

Sesampainya Di kemala beach malam itu, suara debur ombak menyatu dalam gelapnya malam. Duduk di pinggir pantai, ditemani cappucino dan partner. Sangatlah sempurna.
Angin malam berhembus, pemandangan lautan lepas jadi pemuas mata. Beberapa muda mudi nampak berjalan di pinggir pantai.
Dari sini juga bisa melihat kegiatan bandara Sepinggan yang super sibuk. Pesawat selalu lewat di atas laut setiap 2 sampai 3 menit. Malam yang indah.

Puas dengan keheningan dan deburan ombak.
Saya memutuskan untuk jalan – jalan lagi. Saya lihat di Waze. Ada taman apa gitu saya lupa. Saya jalan kaki menuju ke sana. Jauh ternyata. Tidak sempat menikmati. Saya jalan kaki lagi menuju KFC. Jauh juga! Badan sudah lelah,  Makan malam ditutup dengan spagheti dan paket super besar dari KFC. Hahaha….

Hari ke 2.
Sudah bingung mau kemana. Akhirnya saya memutuskan untuk ke ewalk atau BSB (Balikpapan superblock). Angkot manapun bisa nganterin kayaknya.

Sesampainya di ewalk. Makan dulu di Bakso Lapangan tembak. Kemudian nonton di XXI. Kebetulan hari itu ada 22 Jump Street.

Kalian bisa liat Reviewnya di blog saya yang lain.

Puas berkeliling mall.

Saya memutuskan untuk ke The Plaza Balikpapan. Mall Balikpapan Plaza yang sekarang dipegang oleh Agung Podomoro Group. Mau coba nonton di BLITZ. Hari kedua sepertinya saya mau coba Movie Marathon. Sesampainya disana. Saya mengurungkan niat nonton. Karena filmnya gakda yang baru.

Akhirnya, saya kembali ke Kemala Beach. Saya mau liat bagaimana pantai ini kalau di siang hari. Ternyata, pada saat siang hari. Pengunjung sangat ramai. Banyak keluarga yang datang dan bersantai di pantai ini. Menikmati harinya.
Saya?

Saya eksperimen kuliner.
Saya penasaran dengan kepiting soka.
Katanya kulitnya bisa dimakan.
Saya pesan satu porsi.
Kepiting soka asam manis.
Ini penampakannya.

Enak dan unik. Beberapa bagian ada yang terlihat aneh. Tapi namanya juga sedang ekspedisi kuliner. Hajar saja.
Kulitnya memang benar – benar bisa dimakan.

Hari sudah menjelang sore. Weekend saya sudah habis. Besok harus kerja. Saya memutuskan untuk kembali ke Samarinda.

Balikpapan lumayan seru, dan petualangan ini cukup menyenangkan.

Next destination semoga Bali dan Jogjakarta. Saya berharap secepatnya.

Sekian, visit Borneo.
Visit Balikpapan.
Visit Samarinda.
Visit Indonesia.

@rizkyyudhis

3 thoughts on “Aku dan Balikpapan

Be the first to like and comment this post.