Menjadi Sejarah

Apakah semua orang kehidupannya akan menjadi sejarah? Apakah seorang Soekarno, Soeharto, Lincoln, Che Guevara ataupun pangeran Hasanuddin pernah berencana untuk diingat, dibicarakan, atau menjadi sejarah?

Trus. Kalau saya ingin menjadi sejarah caranya bagaimana? Setidaknya anak cucu saya mengingat saya. Membicarakan saya. Walaupun saya sudah tidak ada ratusan tahun setelahnya. Bagaimana caranya menjadi sejarah. Sejarah yang baik tentunya.

Mati.  Ya mati memang salah satu cara menjadi sejarah. Tapi apa kematian kita bisa menjadikan kita sejarah? Saya rasa tidak.

Bagaimana kita menjalani kehidupan. Tindakan tindakan apa yang telah kita lakukan. Siapa saja yang kita kenal. Dimana saja kita pernah berbuat.  Saya rasa itulah yang akan menjadi sejarah.

Jadi, hargailah kehidupanmu.
Be alive.

Rizky Yudhis.

Be the first to like and comment this post.

