Pada  post sebelumnya aku ada bercerita tentang rencana kunjunganku ke kota Jawa Timur. Di post ini ya mungkin ada beberapa cerita tentang perjalanan liburanku itu, siapa tau bisa jadi referensimu untuk melakukan perjalanan ke daerah Jawa Timur.

DAY #01

Perjalanan diawali dengan mendatangi sebuah struktur raksasa yang dibuat oleh manusia. Jembatan yang cukup dibanggakan oleh bangsa Indonesia. Penghubung kota Surabaya dan Madura. Tepat sekali, jembatan Suramadu. Jembatan dengan panjang yang saya kurang ketahui ini berdiri kokoh melewati lautan menghubungkan dan mengkoneksikan dua kota besar. Karena kami berangkat dari Bandara Juanda, maka langsung meneruskan saja melewati jalan tol menuju ke arah jembatan suramadu. Pengen banget bisa foto2 di jembatan itu, namun kendaraan yang melaju dengan cepat, larangan untuk berhenti dan kamera pengawas yang ada di jembatan, membuat saya mengecilkan keinginan saya untuk berfoto di jembatan. Namun saya sempat mengambil beberapa foto dari dalam mobil.

suramadu bridge by rizkyyudhistira.wordpress.com

suramadu bridge by rizkyyudhistira.wordpress.com

Yah, walaupun Cuma dalam mobil namun lumayan lah buat kenang – kenangan kalau pernah melewati jembatan Suramadu yang terkenal di Indonesia ini.

Nah kan kalau melewati jembatan suramadu kan pastinya nyampenya kan di Madura tuh. Sampe di Madura yang pertama kali saya lakukan adalah kebelet dan buang air, hiks… untung ada toilet.

Dan setelah puas buang air, saya menikmati makanan eksotis yang susah didapat.

POP MIE !!

Haduh, dalam hati kecil saya bergumam,

“jauh – jauh dari pulau Kalimantan berangkat ke pulau Jawa, melewati jembatan Suramadu. Nyampai di Madura cuman makan pop mie, di Samarinda juga banyak” -_-“

Tapi gakpapa, namanya juga jalan – jalan ya harus dinikmati.

suramadu bridge taken by @rizkyyudhis

suramadu bridge taken by @rizkyyudhis

Sehabis dari Madura, kami langsung menuju Ken’s Park. Ken’s Park entah berada di malang atau Surabaya. Kayaknya masih daerah Surabaya sih. Ken’s Park ini mungkin diambil dari nama sebuah daerah yg disebut Kenjeran. Di Ken’s Park terdapat tempat – tempat yang mencerminkan beberapa agama, namun foto yang saya bakal post adalah foto dimana saya berpose di depan sebuah patung yang memiliki beberapa wajah dan tangan.

si ganteng @rizkyyudhis di Ken's Park

si ganteng @rizkyyudhis di Ken’s Park

Yah fotonya memang biasa saja, post ini kan sebagai referensi. Siapa tau pengen jalan – jalan  ke daerah tersebut.

Lanjut…

Setelah puas berfoto – foto di daerah – daerah yang beraroma beberapa agama, akhirnya sampai juga ke daerah pinggir laut.

Dimana banyak banget warung – warung yang memberi menu “lontong kupang”. Nah karena biasanya di Samarinda pernahnya cuma makan lontong balap. Maka di Surabaya ini saya memberanikan diri untuk mencoba makanan eksotis Surabaya ini, Lontong Kupang.

Harga Lontong Kupang relatif murah, cuman sekitar 6000 rupiah sekitar 1 porsi. Kalau yang enggak suka teripang, atau tudai, atau kerang. Sebaiknya jangan mencoba makanan ini. Apalagi bentuknya “Lontong Kupang” ini rada menyeramkan. Kalau yang visual, mungkin melihat bentuknya aja sudah mual.

penampakan lontong kupang

penampakan lontong kupang

Setelah makan si Lontong Kupang, saya duduk – duduk dan berfoto – foto di daerah tepi laut. Namun tak perlulah foto kenarsisan saya terpampang begitu banyak di blog ini. Hari pertama, End. Kembali ke Hotel.

DAY #02

Hari ke 2 kami sudah berencana untuk bepergian ke kota Malang. Untuk menuju ke kota Malang lagi – lagi kami harus melewati Jalan tol. Dari Surabaya menuju Malang sekitar 2 jam. Awal perjalanan diawali dengan melihat tanggul yang dibuat untuk lumpur Lapindo.

@rizkyyudhis di atas tanggul sidoarjo

@rizkyyudhis di atas tanggul sidoarjo

Ternyata luapan lumpur sangatlah banyak dan sangat luas. Sehingga menutup sebagian dari Sidoarjo. Untuk mencegah pelebaran lumpur, maka dibuatlah tanggul oleh pemerintah untuk melindungi warga kota Surabaya dan Malang.

Nah, foto saya ini saya sedang berada di atas tanggul. Di belakang saya adalah bekas kota Porong, terlihat jelas bekas atap rumah ataupun gedung yang tertimbun oleh lumpur yang sangat tinggi. Subhanallah.

Tinggi tanggul ini mungkin sekitar 10 meter dari jalan raya, nah saya juga akan memperlihatkan foto tanggul yang diambil dari mobil yang saya naiki.

tanggul lapindo

 Setelah beberapa jam melewati kota yang ditinggalkan yaitu Porong dan mengalami berjam- jam kemacetan akhirnya kami sampai juga di Malang. Tujuan wisata kami adalah Jatim Park 1. Nah di Jatim Park foto – foto sudah semakin berkurang, namun saya akan tetap tampilkan beberapa keisengan yang saya lakukan di Jatim Park 1.

 Tangan Besar Tangan Besar

Deep inside

@rizkyyudhis Deep inside

Setelah puas dengan beberapa hal yang ada di bagian depan Jatim Park seperti Rumah Pipa, Wahana Misteri 3D, bagian belakang Jatim Park adalah wahana – wahana hiburan yang memacu Adrenalin. Untuk daerah itu saya tidak lagi mengambil foto dikarenakan di daerah situ kan mainannya kan ekstrim – ekstrim. Jadinya kamera lebih baik disimpan daripada dikeluarkan dan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Namun yah begitulah baru main beberapa wahana saya sudah di mabuk cinta, alias mual – mual. Karena mainan seperti dragon roller coaster, sky high dan beberapa wahana lainnya benar – benar membuat saya pusing bukan kepalang. Muntah dengan posisi kayang bukanlah cara bersenang – senang di Malang menurut saya. Hahaha….

Nah di jalan keluar, ada aquarium mini, berbagai ikan-ikan yang luar biasa besar dan luar biasa aneh ada disitu. Salah satu yang saya bingungkan adalah ikan ini. Ikan Topo ini berasal dari kalimantan, namun saya belum pernah melihat ikan Topo ini di Samarinda. Bergigi tajam dan bisa mencapai panjang 1 meter. Hi… Lumayan menyeramkan -_-“

ikan

Keluar dari akuarium ini, hari sudah sore dan hujan melanda kota Malang. Beberapa wahana di non-aktifkan karena terlalu berbahaya untuk bermain di kala hujan. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang, sebelumnya kami membeli makanan ringan khas malang dulu untuk oleh – oleh sebelum pulang ke Samarinda keesokan harinya.

Ya, perjalanan saya hanya sekitar 3 hari saja di Jawa Timur, kami harus pulang. Banyak sekali tempat yang belum kami kunjungi. Namun dengan izin Allah semoga kami diberi keberlimpahan rezeki untuk bisa kembali mendatangi Jawa Timur dan mendatangi daerah – daerah lainnya untuk jalan – jalan dan bersenang – senang.

Apabila kalian bertanya – tanya mengapa post saya sering menyebut kata “kami” karena saya berangkat ke Surabaya bareng partner saya yang luar biasa pemilik blog Big Smile yang bisa anda lihat di sini.

Dan jelas sekali bila di atas ada foto saya yang ganteng dan tidak memegang kamera, itu artinya hasil jepretan partner saya. Hehehe…

Oke, inilah artikel Aku dan Jawa Timur.

Saya doakan kalian para pembaca blog ini bisa memiliki keberlimpahan dan kemudahan rezeki agar bisa jalan – jalan, mengalami, atau menshare perjalanan kalian juga di blog ini ataupun di blog kalian sendiri untuk referensi dan mungkin bermanfaat untuk orang banyak. Baik turis lokal ataupun mancanegara.

Visit Indonesia, Visit Jawa Timur, Visit Malang, Visit Surabaya, Visit Kaltim, Visit Samarinda, Visit Banjarmasin.

Mari berSyukur,

Rizky Yudhis~

 

Be the first to like and comment this post.

