Saya saat ini, sedang terkena brainstorming lagi setelah mengunjungi blog milik guru besar saya, pak A. S. Laksana. Tulisan-tulisan beliau yang menohok pikiran dan pemikiran saya yang sekiranya bercita-cita menjadi seorang penulis dan menerbitkan sebuah buku.

Artikel-artikel yang ada di blog beliau sangat susah ditemui dari blog-blog lainnya yang beredar di jagat Internet. Karena penulisan-penulisan beliau yang terkesan nyaman dan  mudah untuk dicerna, yang sangat bermanfaat untuk para penulis-penulis pemula seperti saya.

Artikel yang berjudul Pecinta Backspace, Cara Menulis Cepat, Menulis seperti Berbicara adalah tulisan-tulisan yang belum saya pernah dapatkan dari blog blog lainnya.

Menentukan Deadline, ataupun Outline, hal-hal kecil yang menampar pikiran saya dikarenakan tidak pernah mementingkan akan hal itu sebelumnya. Bagaimana seorang penulis mengalami witing block yang menyebabkan seseorang berhenti menulis atau tidak menulis dan melanjutkan lagi buku ataupun karya-karyanya yang “katanya” mau diterbitkan.

Banyak hal dan teknik agar kita dapat bersemangat dalam membuat tulisan ataupun melanjutkan karya-karya kita, seperti dengan cara mengimajinasikan  bahwa buku kita sudah selesai dan mengiklankan buku yang kita punya. Mengiklankan buku kita seolah-olah Buku kita itu nyata dan mulai menulis sesuai dengan iklan yang telah kita buat.

Ada juga teknik yang sangat menarik dan mengundang Kontroversi yang disarankan beliau. Yaitu “menulis tanpa berpikir”, hahahaha sebuah saran yang gila namun menurut saya sangat efektif. Bahkan saat saya menulis artikel ini, saya sedang melakukannya dan  saya tidak melihat lagi layar saya.

Setelah jadi kemudian saya sunting dan perbaiki penulisannya. Mungkin menyunting sebuah tulisan itu menurutmu melelahkan, dan kamu berpendapat “Kalau bisa diketik dengan baik dan benar kenapa tidak?”  itu adalah hakmu untuk berpendapat seperti itu, untuk mengetik dengan baik dan benar saat itu juga.

Sedangkan menurutku yg paling efektif saat ini adalah terus mengetik ataupun menulis tanpa memikirkan tanda baca ataupun lainnya, karena aku sangat menginginkan untuk menulis dan menurutku lagi, Pak A.S. Laksana telah sangat berhasil untuk menyinggung ataupun mengubah pemikiranku akan hal menulis.

Salah satu ide brilian yang beliau berikan dalam tulisannnya adalah menulis seperti bicara, maka rekamlah ceritamu ataupun tulisan yang hendak engkau buat. Kemudian tuliskanlah baik itu dalam bentuk kertas ataupun file komputer dalam bentuk apapun.  Karena saat kamu berbicara dan berimaginasi sembari mengucapkannya imaginasi dalam tulisan bisa terbentuk lebih lancar seperti yang kamu inginkan.

Belum lagi penjelasan beliau tentang membuat sebuah karakter atau tokoh dengan Genetika Mendel. hahaha, sangat menarik mengawinkan sebuah tokoh dengan sebuah benda melalui sifat-sifat benda tersebut, bila anda kurang mengerti tentang apa yang saya bicarakan pada Paragraf  ini,  silahkan ke link ini >>  http://as-laksana.blogspot.com/2006/09/mendel-game-cara-unik-menemukan.html

Sungguh saya banyak belajar malam ini untuk menulis dan menjadi bersemangat kembali, hal-hal yang saya lupakan , baik “pentingnya riset” dalam penulisan juga dibahas oleh Pak A.S. Laksana. Membuat saya berpikir kembali berapa banyak hal yang telah saya lewatkan selama bebeapa minggu bulan ataupun tahun ini dalam dunia penulisan saya.

Yang terakhir ingin saya sampaikan untuk para Penulis, Pembaca ataupun diri saya sendiri  yang mempunyai hobi ataupun  keinginan untuk menjadi penulis, baik itu di blog, buku ataupun anda andalah seorang penulis status Facebook, twitter yang handal  yaitu satu, teruslah menulis.

write and write

~rizky yudhis~

kunjungi juga : blog Pak A.S. Laksana di http://as-laksana.blogspot.com/

Be the first to like and comment this post.

