Saya mempunyai seorang teman yang bisa disebut wanita KAYA, dia yang membantu saya untuk berani kembali mempelajari dunia bisnis dan usaha. Wanita ini baru berumur 17 tahun dan dia sudah mampu membuat UANG BEKERJA UNTUK DIRINYA. Walaupun masih dalam jumlah yang belum seberapa di mata pengusaha lainnya. Wanita ini adalah sosok yang lumayan hebat di mata saya.

Apa yang anda dapatkan dari pembicaraan dengan wanita KAYA ini?

banyak ! dan pastinya saya akan share beberapa hal dari banyak itu, dikarenakan SEMAKIN BANYAK MEMBERI maka akan SEMAKIN KAYA DIRI SAYA.

pertanyaan yang benar akan menghasilkan jawaban yang benar

maksudnya? beberapa tahun lalu saya pernah bertanya kepada Wanita KAYA ini via sms.

“apa yang bisa saya lakukan untuk menghasilkan uang untuk mencukupi kebutuhan saya?”

membuka usaha” wanita KAYA itu menjawab.

Saya balas lagi smsnya “usaha apa?”

Dan wanita KAYA itu tidak membalas sms itu lagi. Saya mulai mencoba membuka usaha untuk mencukupi kebutuhan saya.

Saya membuka warnet dengan modal yang ada di tabungan saya, 3 buah komputer di sebuah ruko kayu kecil. Awalnya perencanaan matang dan lain-lain. Warnet terlihat ramai dan mampu menutupi biaya per bulannya.

saya dapat melakukan atau mendirikan usaha agar bisa membuat saya mencukupi kebutuhan saya. Untuk beberapa bulan memang benar kebutuhan saya tercukupi, namun usaha saya akhirnya stuck dan harus mengalami failed atau kebangkrutan.

Saya Down dan tidak mampu lagi berbisnis untuk saat itu, sampai tadi malam saya bertemu lagi dengan wanita KAYA itu.

saya menceritakan segala keluh kesah saya kepada wanita KAYA itu.Wanita KAYA itu TERSENYUM dan bertanya kepada saya.

apa yang kamu PELAJARI dari kebangkrutan atau kegagalan kamu ini?

‘saya BELAJAR untuk mendirikan sebuah usaha harus memiliki perhitungan yang memadai. Karena 3 komputer itu tidak mampu untuk memenuhi semua kebutuhan saya dan karyawan saya.’

‘ternyata kamu belum cukup BELAJAR dari kegagalanmu’

‘maksudnya ?’ saya bertanya kembali ke wanita KAYA itu.

‘kamu masih saja fokus kepada KEBUTUHAN kamu, seharusnya kamu fokus kepada sebuah TUJUAN’

‘karena saat kamu berusaha atau bekerja untuk sebuah TUJUAN, maka ketika TUJUAN ITU TERCAPAI maka akan ada TUJUAN lainnya’

‘bukankah itu sama saja dengan bekerja untuk uang? , seperti diperbudak uang malahan’

‘tidak sama, dikarenakan tujuan itu akan menghasilkan tujuan yang lain… dan dari tujuan tujuan yang lain itu akan membuat uang bekerja dengan sendirinya, dan tanpa disadari TUJUAN TUJUAN itu akan mencukupi KEBUTUHAN  pada akhirnya’

saya mulai paham dengan jawabannya, maksud dari seorang wanita KAYA ini adalah, investasikan uang saya untuk hal-hal yang menjadikan bisnis saya itu mempunyai nilai tambah, faktor kali dan lain-lain. Yang pada akhirnya bisa membuat semuanya menjadi satu bola besar dengan lingkup yang luas yang bisa disebut sebagai KAYA.

kemudian saya mengubah pertanyaan saya kepada wanita KAYA itu sebelum dia pergi.

“BAGAIMANA menghasilkan uang untuk MENCAPAI TUJUAN saya?”

membuka usaha”  wanita KAYA itu menjawab sembari pergi menaiki mobil sedan mewahnya.

~Rizky Yudhis~

Be the first to like and comment this post.

